Minggu, 20 Februari 2011

STATISTIK PENDIDIKAN

Nama : SOLEHATININGSIH
Kelas : A
NIM : 100210274026


Latihan 1
1. Statistik dapat diartikan dalam pengertian yang sempit dan luas. Tuliskan kedua arti tersebut serta berikan contoh masing-masing?
JAWAB :
Statistik dalam arti sempit mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai data yang disajikan dalam bentuk (1) Tabel dan diagram, (2) Pengukuran tendensi sentral (rata-rata hitung, rata-rata ukur, dan rata-rata harmonik), (3) Pengukuran penempatan (median, kuartil, desil, dan presentil), (4) Pengukuran penyimpangan (range, rentangan antar kuartil, rentangan semi antar kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku, variansi, koefisien variansi dan angka baku), dan (5) Angka indeks.
Contohnya : Data kelulusan di sebuah sekolah dasar
Statistik dalam arti luas adalah suatu alat untuk mengumpulkan data, mengolah data, menarik kesimpulan, membuat tidakan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan atau statistika yang digunakan menganalisis data sampel dan hasilnya dimanfaatkan untuk generalisasi pada populasi.
Contoh : data sensus penduduk

2. Buatlah definisi yang jelas, sesuai dengan konsepsi Anda?
JAWAB :
Statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan/analisis, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka-angka.

3. Jelaskan peranan statistik dalam kehidupan sehari-hari di tempat kerja Anda?
JAWAB :
Dalam kehidupan sehari-hari, statistik memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan-keterangan berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan. Dengan demikian statistik dapat digunakan membantu dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sebagai contoh, menggambarkan prestasi siswa dilihat dari jenis kelamin, penggambaran dilakukan baik dalam bentuk persentase maupun dalam bentuk histogram. Selanjutnya, dengan menggunakan statistik sebagai alat bantu dalam melakukan analisis data, dapat diketahui bagaimana prestasi siswa diramalkan dari motivasi intrinsiknya
4. Apa perlunya kita mempelajari statistik?
JAWAB :
Dengan menggunakan statistik kita dapat dengan mudah akan mengetahui bagaimana keadaan peserta didik kita apakah pada tahun ini atau yang akan datang peserta didik kita akan mengalami peningkatan hasil belajar atau sebaliknya, bahkan kita juga dapat menganalisa apakah kita senagai guru sudah berhasil atau tidak dalam mengajar.

5. Jelaskan perbedaan antara statistik deskriptif dengan statistik inferensial?
JAWAB :
Statistik deskriptif adalah bagian dari statistik yang mempelajari cara pengumpulan dan penyajian data sehingga mudah dipahami. Statistik deskriptif hanya berhubungan dengan hal menguraikan atau memberikan keterangan-keterangan mengenai suatu data atau keadaan atau fenomena. Dengan kata lain, statistik deskriptif hanya berfungsi menerangkan keadaan, gejala, atau persoalan.
Statistik inferensial adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk mengkaji, menaksir dan mengambil kesimpulan sebagaian data (data sampel) yang dipilih secara acak dari seluruh data yang menjadi subyek kajian (populasi). Statistik inferensial berhubungan dengan pendugaan populasi dan pengujian hipotesis dari suatu data atau keadaan atau fenomena.
Dengan kata lain, statistik inferensial berfungsi meramalkan dan mengontrol keadaan atau kejadian.

6. Jelaskan pembagian statistik berdasarkan parameternya?
JAWAB :
Berdasar atas bentuk parameternya (data yang sebenarnya), statistik dapat dibagi atas dua bagian.
1. Statistik parametrik
Statistik parametrik adalah bagian statistik yang parameter populasinya mengikuti suatu distribusi tertentu, seperti distribusi normal dan memiliki varians yang homogen.
2. Statistik nonparametrik
Statistik nonparametrik adalah bagian statistik yang parameter populasinya tidak mengikuti suatu distribusi tertentu atau memiliki distribusi yang bebas dari persyaratan, dan variansnya tidak perlu homogen.






Tes Formatif 1
Kerjakan tes formatif ini dengan memberi tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling tepat.

1. Kata statistik berasal dari bahasa Latin, yaitu …
A. statis B. stratum C. status D. strata

2. Statistik dalam pengertian sempit berarti ...
A. metode untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan, serta menginterpretasikan data yang berujud angka-angka
B. keterangan ringkas berbentuk angka-angka
C. ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan analisis data, serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh
D. sekumpulan variabel yang menjelaskan hubungan sebab akibat

3. Statistik dalam pengertian luas berarti ...
A. kumpulan variabel di dalam model
B. keterangan ringkas berbentuk angka-angka
C. ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan analisis data, serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh
D. sekumpulan variabel yang menjelaskan hubungan kausal

4. Statistik yang digunakan untuk mempelajari cara pengumpulan dan penyajian data sehingga
mudah dipahami disebut dengan ...
A. statistik inferensial B. statistik deskriptif C. statistik nonparametrik D.statistik parametrik

5. Berikut ini beberapa ruang lingkup bahasan statistik deskriptif, kecuali ...
A. ukuran nilai pusat B. time series/deret waktu C. grafik distribusi D. distribusi sampling

6. Berikut ini ruang lingkup bahasan statistik inferensial, kecuali ...
A. uji hipotesis B. analisis korelasi dan uji signifikansi
C. analisis regresi D. angka indeks

7. Beberapa cabang ilmu baru yang timbul dari gabungan antara ilmu tersebut dengan statistik atau
penerapan statistik dalam ilmu tersebut dicontohkan sebagai berikut ini, kecuali ...
A. ekonometrika B. algoritma C. sosiometri D. psikometri

8. Berdasarkan bentuk parameternya, statistik dapat dibagi atas dua jenis, yakni ...
A. statistik induktif dan deduktif B. statistik parametrik dan nonparametrik
C. statistik deskriptif dan inferensial D. statistik deskriptif dan analitik

9. Statistik parametrik didefinisikan sebagai ...
A. statistik yang parameter dari populasinya tidak mengikuti suatu distribusi normal, dan
variansnya tidak perlu homogen
B. statistik yang parameter dari populasinya mengikuti suatu distribusi normal, dan variansnya perlu homogen
C. statistik yang parameter dari populasinya berdistribusi skewness positif, dan variansnya
heterogen
D. statistik yang parameter dari populasinya berdistribusi skewness negatif, dan variansnya
homogen

10. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa motivasi intrinsik berkorelasi secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar anak-anak kelas VI di SD ”HARAPAN BARU”. Penarikan kesimpulan ini merupakan kesimpulan dengan menggunakan statistik ...
A. dekstriptif B. parametrik C. nonparametrik D. inferensial

Latihan 2
1. Syarat apakah yang harus dipenuhi oleh sekumpulan angka atau bilangan, sehingga dapat disebut dengan data Statistik?
JAWAB :
Tidak semua angka dapat disebut data statistik. Angka dapat disebut data statistik apabila dapat menunjukkan suatu ciri dari suatu penelitian yang bersifat agregatif, serta mencerminkan suatu kegiatan lapangan tertentu.

2. Jelaskan perbedaan antara data kontinyu dan data diskrit. Berikan contoh masing-masing?
JAWAB :
Data kontinu adalah data statistik yang angka-angkanya merupakan deretan angka yang sambung-menyambung. Dengan kata lain, data kontinu ialah data yang deretan angkanya merupakan suatu kontinum
Data diskrit ialah data statistik yang tidak mungkin berbentuk pecahan.
Jadi perbedaaan yang paling mencolok adalah jika data kontinu dapat berbentuk pecahan sedangkan data diskrit tidak dapat berupa pecahan

3. Jelaskan tentang perbedaan antara data interval dan data ordinal?
JAWAB :
Data ordinal juga sering disebut dengan data urutan, yaitu data statistik yang cara menyusun angkanya didasarkan atas urutan kedudukan (ranking).
Data interval ialah data statistik yang terdapat jarak sama di antara hal-hal yang sedang diselidiki atau dipersoalkan.

4. Berikan contoh sedemikian rupa sehingga menjadi cukup jelas apa yang dimaksud dengan data primer dan data sekunder?
JAWAB :
Data primer adalah data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan pertama (first hand data).
Contoh: data tentang prestasi belajar siswa yang diperoleh dari bagian kesiswaan.
Sedangkan data sekunder adalah data statistik yang diperoleh dari tangan kedua (second hand data).
Contoh : Data tentang jumlah siswa yang tawuran pada tahun 2006, diperoleh dari surat kabar harian Kompas.

5. Jelaskan beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data statistik?
JAWAB :
(a) pengamatan (observasi)
(b) penelusuran literatur
(c) penggunaan kuesioner
(d) wawancara (interviu).

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabel?
JAWAB :
Variabel adalah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai.

7. Jelaskan perbedaan antara variabel kontinu dan variabel diskret?
JAWAB :
Jika variabel kontinu, variabelnya dapat ditentukan nilainya dalam jarak jangkau tertentu dengan desimal yang tidak terbatas.
Sedangkan variabel deskrit, variabel yang nilainya tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan atau desimal di belakang koma.


Tes Formatif 2
Kerjakan tes formatif berikut ini dengan memberi tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang Anda anggap paling tepat!

1. Data yang dinyatakan dalam bentuk bukan angka adalah ...
A. data kuantitatif B. data numerik C. data interval D. data kualitatif

2. Data statistik yang angka-angkanya merupakan deretan angka yang sambung-menyambung, didefinisikan sebagai data ...
A. data ordinal B. data diskrit C. data kontinum D. data berkala

3. Data yang diperoleh dengan cara kategorisasi atau klasifikasi disebut dengan ...
A. data nominal B. data interval C. data ordinal D. data rasio

4 . Berikut ini beberapa syarat dari data yang baik, kecuali ...
A. data harus up to date B. jumlahnya data harus banyak
C. data harus objek D. data harus relevan dengan masalah yang akan dipecahkan

5. Jenis pekerjaan, diklasifikasi sebagai: (1) pegawai negeri diberi tanda 1, (2) pegawai swasta diberi tanda 2, (3) wiraswasta diberi tanda 3, dan (4) pegawai kontrak diberi tanda 4. Jenis data ini merupakan data …
A. interval B. ordinal C. rasio D. nominal

6. Data primer didefinisikan sebagai data yang …
A. diperoleh pada suatu waktu tertentu
B. terkumpul dari waktu ke waktu
C. diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada
D. diperoleh langsung peneliti di lapangan

7. Data yang diperoleh dengan cara pengukuran, dimana jarak dua titik pada skala sudah diketahui merupakan definisi dari data ...

A. interval B. ordinal C. rasio D. nominal
8. Berikut ini beberapa prinsip pengumpulan data statistik kependidikan, kecuali ...:
A. tepatnya data B. lengkapnya data
C. kebenaran data yang dihimpun D. banyaknya data yang dihimpun

9. Cara mengumpulkan data dengan cara mencatat atau meneliti sebagian kecil saja dari seluruh elemen yang menjadi objek penelitian disebut dengan …

A. populasi B. sampling C. sensus D. klasifikasi

10. “Suatu hal atau gejala yang diukur dan menunjukkan adanya variasi atau perbedaan”, merupakan pengertian dari ...
A. skala B. variabel C. pengukuran D. data


Latihan 3
1. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan pengukuran?
JAWAB :
Pengukuran adalah pemberian angka terhadap objek atau fenomena menurut aturan tertentu

2. Jelaskan tiga kata kunci yang diperlukan dalam hubungannya dengan pengukuran?
JAWAB :
Angka tidak lain dari sebuah simbol dalam bentuk 1, 2, 3, dan seterusnya., atau I, II, III, dan seterusnya, yang tidak mempunyai arti, kecuali diberikan arti kepadanya. Jika pada angka telah dikaitkan arti kuantitatif, maka angka tersebut telah berubah menjadi nomor.
Selanjutnya, penetapan atau pemberian adalah memetakan (mapping) dan
Aturan tidak lain dari panduan atau perintah untuk melaksanakan sesuatu.

3. Jelaskan bahwa suatu pengukuran yang baik harus mempunyai sifat isomorphism dengan realita?
JAWAB :
Pengukuran yang baik, harus mempunyai sifat isomorphism dengan realita artinya terdapat kesamaan yang dekat antara realita sosial yang diteliti dengan ”nilai” yang diperoleh dari pengukuran. Oleh karena itu, suatu instrumen pengukur dipandang baik apabila hasilnya dapat merefleksikan secara tepat realitas dari fenomena yang hendak diukur.

4. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan tingkat pengukuran nominal, dan berikan contoh?
JAWAB :
Ukuran nominal adalah ukuran yang paling sederhana, dimana angka yang diberikan kepada objek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkan tingkatan apa-apa. Objek dikelompokkan kedalam set-set, dan kepada semua anggota set diberikan angka. Set-set tersebut tidak boleh tumpang tindih dan bersisa (mutually exclusive and exhaustive).
Contoh : dalam pendataan di sekolah dasar menurut jenis kelamin jika laki – laki diberi variable 1 dan perempuan diberi variable 2

5. Jelaskan sifat-sifat yang ada pada ukuran ordinal?
JAWAB :
Sifat dari ukuran ordinal, yaitu:
a. hanya menyatakan ranking( urutan );
b. tidak menyatakan nilai absolut; dan
c. tidak menyatakan bahwa interval antara angka-angka tersebut sama besarnya.

6. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan tingkat pengukuran rasio, keuntungan skala pengukuran rasio, dan berikan contoh?
JAWAB :
Ukuran rasio, adalah suatu bentuk interval yang jaraknya (interval) tidak dinyatakan sebagai perbedaan nilai antar responden, tetapi antara seseorang responden dengan nilai nol absolut.
Keuntungan yaitu ukuran ini memberikan keterangan tentang nilai absolut dari objek yang diukur. Ukuran rasio mempunyai titik nol, karena itu interval jarak tidak dinyatakan dengan beda angka rata-rata satu kelompok dibandingkan dengan titik nol. Karena ada titik nol tersebut, maka ukuran rasio dapat dibuat perkalian ataupun pembagian. Angka pada skala rasio menunjukkan nilai sebenarnya dari objek yang diukur.
Contoh :
Ada 4 orang anak balita yakni; A, B, C, dan D mempunyai berat badan masing-masing 2 kg, 6 kg, 8 kg, dan 10 kg, maka ukuran rasio dapat digambarkan sebagai berikut.

0 A 4 B C D

0 2 4 6 8 10 12 14 16
Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa dengan ukuran rasio, berat balita C adalah 4 kali berat balita A; berat balita D adalah 5 kali berat balita A, berat balita C adalah 4/3 kali berat balita B. Dengan perkataan lain, rasio antara C dan A adalah 4:1; rasio antara D dan A adalah 5:1, sedangkan rasio antara C dan B adalah 4:3. Interval antara A dan C adalah 8 – 2 = 6 kg dan berat balita C adalah 4 kali berat balita A.


Tes Formatif 3
Kerjakan tes formatif berikut ini dengan memberi tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang Anda anggap paling tepat.
1. Pengukuran didefinisikan sebagai ...
A. skor yang diberikan kepada suatu variabel/konstrak dengan cara memberikan arti, atau menspesifikasikan kegiatan
B. penetapan/pemberian angka terhadap objek atau fenomena menurut aturan tertentu
C. kompetensi dalam menambah, mengurang, mengalikan, membagi, menarik akar, menggunakan pecahan, dan desimal,
D. proses memetakan (mapping)

2. Berikut ini, tiga kata kunci yang ada dalam definisi pengukuran, kecuali ...
A. angka B. penetapan C. aturan D. realita

3. Isomorphisme dalam pengukuran, didefinisikan sebagai ...
A. alat untuk mengidentifikasi fenomena yang diobservasi
B. terdapat kesamaan yang dekat antara realitas sosial yang diteliti dengan “nilai“ yang diperoleh dari pengukuran
C. terdapat perbedaan yang dekat antara realitas sosial yang diteliti dengan “nilai“ yang diperoleh dari pengukuran
D. proses menghubungkan secara tepat konsep atau indikan yang hendak diteliti dengan realitas yang diacunya

4. Ukuran data yang diperoleh dengan cara kategorisasi atau klasifikasi disebut dengan ukuran data
...
A. nominal B. interval C. ordinal D. rasio

5. Jawaban responden yang diklasifikasi sebagai (a) anak sulung diberi tanda 1, (b) anak tengah diberi tanda 2, (c) anak bungsu diberi tanda 3. Simbolik dari klasifikasi ini merupakan ukuran data ...
A. interval B. ordinal C. nominal D. rasio

6. Variabel yang dikategorikan secara diskrit dan saling terpisah (mutually axclusive), merupakan variabel dengan skala pengukuran …
A. ordinal B. interval C. rasio D. nominal

7. Berikut ini tertera beberapa sifat dari ukuran ordinal, kecuali ...
A. menyatakan ranking B. menyatakan nilai absolut
C. bukan skala dengan interval yang sama D. ada titik nol

8. Data yang diperoleh melalui tes buatan guru dapat diketegorikan sebagai data ...
A. interval B. ordinal C. rasio D. nominal

9. Data yang diperoleh dengan cara pengukuran, dimana jarak dua titik pada skala sudah diketahui dan mempunyai titik nol yang absolute merupakan data ...
A. interval B. ordinal C. rasio D. nominal

10. Pengolahan data statistik untuk data kuantitatif sebagian besar menggunakan data dengan skala pengukuran ...
A. interval B. ordinal C. rasio D. nominal


Latihan 4
1. Apakah yang dimaksudkan dengan batas kelas dan titik tengah kelas?
JAWAB :
Batas kelas adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain.
Titik tengah kelas atau tanda kelas adalah angka atau nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas. Titik tengah kelas merupakan nilai yang mewakili kelasnya.

2. Apakah yang dimaksudkan dengan interval kelas?
JAWAB :
Interval kelas adalah selang yang memisahkan antara satu kelas dengan kelas yang lain.

3. Apakah yang dimaksudkan dengan panjang kelas?
JAWAB :
panjang kelas dalam hal ini adalah jarak antara batas atas kelas dan batas bawah kelas.
4. Jelaskan secara singkat, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah distribusi frekuensi?
JAWAB :
Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan distribusi frekuensi, yakni:
(1) perlu dijaga agar supaya jangan sampai ada data yang tidak dimasukkan dalam kelas,
(2) titik tengah kelas diusahakan bilangan bulat/tidak pecahan, dan
(3) dalam menentukan banyaknya kelas jangan terlalu sedikit.

5. Uraikan langkah-langkah dalam pembuatan grafik histogram?
JAWAB :
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat histogram, yakni:
(1) membuat absis dan ordinat, berbanding seperti 10 : 7,
(2) absis diberi nama “Nilai“ dan ordinat “Frekuensi“,
(3) membuat skala pada absis dan ordinat. Perskalaan pada absis ini tidak perlu sama dengan perskalaan pada ordinat, dan
(4) mendirikan segiempat-segiempat pada absis.

6. Jelaskan cara membuat grafik poligon?
JAWAB :
Cara membuat grafik polygon adalah dengan menghubung-hubungkan titik-titik tengah tiap-tiap interval kelas secara berturut-turut.

7. Jelaskan perbedaan antara grafik histogram dengan grafik ogive?
JAWAB :

Grafik histogram Grafik ogive
dibuat dengan mengunakan batas nyata sedangkan grafik poligon selalu menggunakan titik tengah
berwujud segi empat-segi-empat berwujud garis-garis atau kurve (garis-garis yang sudah dilicinkan).

8. Jelaskan kegunaan grafik ogive?
JAWAB :
Grafik ogive digunakan, apabila ingin mengetahui “kedudukan” seseorang tentang sesuatu hal dalam kelompoknya sendiri, bukan pola sifat atau kecakapan kelompok seluruhnya. Oleh karena itu, kita akan banyak menemui hasil-hasil tes bakat, tes kemampuan khusus, dan semacamnya yang dilaporkan dalam bentuk Ogive atau grafik frekuensi meningkat.


Tes Formatif 4
Anda, kerjakan tes formatif ini dengan memberi tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling tepat.
1. Susunan data menurut kelas-kelas interval tertentu merupakan definisi dari ...
A. distribusi frekuensi B. statistik dalam arti luas
C. titik tengah kelas D. analisis data

2. Batas kelas didefinisikan sebagai ...
A. selang yang memisahkan kelompok yang satu dengan kelas yang lain
B. jarak antara batas atas kelas dan batas bawah kelas
C. nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas
D. nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain

3. Definisi dari interval kelas adalah ...
A. selang yang memisahkan kelompok yang satu dengan kelas yang lain
B. jarak antara batas atas kelas dan batas bawah kelas
C. nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas
D. nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain

4. Nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas merupakan definisi dari ...
A. interval kelas B. panjang kelas C. batas kelas D. titik tengah kelas

5. Frekuensi kelas didefinisikan sebagai …
A. banyaknya data yang termasuk ke dalam kelas tertentu
B. jarak antara batas atas kelas dan batas bawah kelas
C. nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas
D. nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain

6. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang digunakan dalam menyusun distribusi frekuensi, kecuali:
A. menentukan banyaknya kelas
B. mengurutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar
C. menentukan jangkauan (range) dari data
D. menentukan kelas-kelas

7. Grafik Poligon didefinisikan sebagai …
A. derajat penyebaran nilai-nilai variabel dari suatu tendensi sentral dalam suatu distribusi
B. grafik yang dibuat dengan menggunakan batas nyata
C. grafik yang dibuat dengan menggunakan “batas bawah”
D. grafik yang dibuat dengan menggunakan titik tengah
8. Histogram didefinisikan sebagai …
A. derajat penyebaran nilai-nilai variabel dari suatu tendensi sentral dalam suatu distribusi
B. grafik yang dibuat dengan menggunakan batas nyata
C. grafik yang dibuat dengan menggunakan “batas bawah”
D. grafik yang dibuat dengan menggunakan titik tengah

9. Grafik Ogive digunakan untuk …
A. mengetahui “kedudukan” seseorang tentang sesuatu hal dalam kelompoknya sendiri
B. mengetahui deskripsi umum kecakapan seseorang
C. melihat perbedaan prestasi belajar dari dua kelompok yang berbeda
D. melihat hubungan antara 2 variabel

10. Tujuan penyajian data dalam bentuk grafik adalah untuk ...
A. memberikan gambaran sebaran data dalam bentuk visualisasi
B. memberikan gambaran untuk penarikan kesimpulan
C. memberikan gambaran untuk pengujian hipotesis
D. memberikan gambaran untuk pengujian statistik secara inferensial

@@@@@@terima kasih @@@@@@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar