Minggu, 20 Februari 2011

RPP KELAS I

Ass Wr Wb.
Ibu berhubung saya mengajar di kelas I yang menunakan RPP Tematik ,kami kirimkan RPP yang dibuat dalam satu Tema sebagaimana terlampir dibawah ini .



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah :SDN MBS CURAHPOH 2 CURAHDAMI
Mata Pelajaran : Tematik
Tema : LINGKUNGAN
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu


STANDAR KOMPETENSI:

Ilmu Pengetahuan Sosial
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah

Ilmu Pengetahuan Alam
4. Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan Kewarganegaraan
4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.

Matematika
4.Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah.

Bahasa Indonesia

Mendengarkan
Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.

Berbicara
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.

Membaca
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

Menulis
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin.

Seni Budaya dan Keterampilan
9. Mengapresiasi karya seni musik

KOMPETENSI DASAR:

Ilmu Pengetahuan Sosial:
2.2 Mendeskripsikan letak rumah

Ilmu Pengetahuan Alam:
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)

Pendidikan Kewarganegaraan:
4.1 Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

Matematika:
4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.

Bahasa Indonesia:
Mendengarkan
5.1 Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
5.2 Menyebutkan isi dongeng.

Berbicara
6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
6.4 Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.

Membaca
7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.

Menulis
8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Seni Budaya dan Keterampilan:
10.1 Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
10.2 Memeragakan dinamik sederhana
10.3 Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.


INDIKATOR:
Ilmu Pengetahuan Sosial:
1. Menggambar denah rumah sendiri
2. Menjelaskan denah rumah sendiri.

Ilmu Pengetahuan Alam:
1. Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
2. Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.

Pendidikan Kewarganegaraan:
1. Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
2. Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
3. Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal.

Matematika:
1. Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
2. Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
3. Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
4. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
5. Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan




Bahasa Indonesia:
1. Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
2. Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
3. Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
4. Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
5. Menyebutkan tokoh dalam dongeng
6. Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
7. Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
8. Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
9. Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
10. Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
11. Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
12. Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
13. Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
14. Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
15. Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
16. Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
17. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.

Seni Budaya dan Keterampilan:
1. Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
2. Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
3. Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
4. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
5. Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat:
1. Menggambar denah rumah sendiri
2. Menjelaskan denah rumah sendiri.
3. Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
4. Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.
6. Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
7. Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
8. Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal.
9. Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
10. Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
11. Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
12. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
13. Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
14. Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
15. Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
16. Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
17. Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
18. Menyebutkan tokoh dalam dongeng
19. Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
20. Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
21. Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
22. Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
23. Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
24. Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
25. Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
26. Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
27. Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
28. Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
29. Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
30. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
31. Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
32. Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
33. Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
34. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
35. Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.

II. MATERI POKOK/PEMBELAJARAN:
 Tata tertib
Tata tertib adalah aturan yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan sesuai kesepakatan contohnya adalah :
1. Tata tertib Sekolah
2. Tata tetib kelas
3. Tata tertibanggota organisasi
 Denah rumah
Denah adalah gambar letak suatu tempat dengan sekala tertentu
Contohnya adalah:
1. Denah Ruamah
2. Denah Sekolah
3. Denah bangunan dan lain sebagainya.
 Energi dan kegunaanya.
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.Kita menyadari bahwa dalam kehidupan kita sangat membutuhkan energi,karena energi merupakan kebutuhan yang esensial bagi prikehidupan manusia
 Oprasi hitung bilangan.
Oprasi hitung bilangan adalah kemampuan mengoprasikan bilangan untuk mengetahui hasilnya
 Deskripsi benda.
Menguraikan benda secara detail mulai dari ciri-ciri sampai pada manfaat benda
 Dongeng adalah:
Jenis Prosa lama yaitu bersifat khayalan ,yang termasuk dongeng

1. Fabel :Dongeng binatang yang digambarkan beringkah laku seperti manusia
Misalnya Bayam Budiman,Kancil yang cerdik
2. Legenda :Dongeng yang dihubungkan dengan keajaiban alam
Misalnya Sang Kuriang,Asa Mula Kota Banyuwangi
3. Mythe :Cerita tentang dewa-dewa atau mahluk lain yang oleh masyarakat disebut
kedewa-dewaan
Misalnya cerita tentang Nyai Roro Kidul dan Gerhana.

 Bermain peran
Menjadi seseorang yang ada dalam cerita
 Membaca nyaring.
Membaca dengan lantang namun tetap memperhatikan intonasi dan tanda baca yang benar
 Menyalin kalimat
Mencontoh kalimat baik dari buku ataupun papan tulis
 Melengkapi kalimat.
Melengkapi kalimat agar dapat dipahami artinya
 Kesesuaian gerak dan iringan lagu.
Kesesuaian gerak dak musik adalah mengerakkan anggota tubuh seirama dengan musik yang diperdengarkan,misalnya Tarian ,pantomim,Menyanyi dengan gerakan.
 Lagu anak dan lagu wajib.
Menyanyikan lagu anak-anak atau wajib dengan baik
III. METODE PEMBELAJARAN:
Ceramah, diskusi, tanya jawab, demontrasi, pemberian tugas.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

Minggu I
Pertemuan pertama : 4 x 35 menit Bahasa Indonesia , Matematika)

No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan dengan materi yang akan dipelajari



Klasikal


10 menit
B 1.Melalui tanya jawab siswa menyebutkan tugas-tugas setiap anggota keluarga.
Klasikal
15 menit
2.Dengan pengamatan siswa membandingkan tugas anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.) Klasikal 15 menit
3.Mengisi daftar tugas yang selalu dilaksanakan di rumah. Mandiri 15 menit
4.Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang dengan permaianan kartu angka Kelompok 15 menit
5.Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek dengan kartu angka Kelompok 15 menit
6.Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan. Kelompok 15 menit
7.Mencari hasil pengurangan dengan cermat. Kelompok 15 menit
8.Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa. Klasikal 15 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit
V : ALAT
Kartu bilangan.
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
KOTAK BERISI KARTU BILANGAN






Contoh:








LK 1
Perhatikan 4 kotak yang ada didepanmu

Kelompok 1
a.ambilah 2 angka dari kotak no 1 lalu susun menjadi sebuah bilangan.
b.ambilah 1 angka dari kotak no 2 lalu letakkan dibawah bilangan pertama
Hitung berapa hasil pengurangannya

Kelompok 2
a.ambilah 2 angka dari kotak no 3 lalu susun menjadi sebuah bilangan.
b.ambilah 1 angka dari kotak no 4 lalu letakkan dibawah bilangan pertama
Hitung berapa hasil penjumlahanya

Untuk kelompok 3 lakukan seperti kelompok 1
Untuk kelompok 4 lakukan seperti kelompok 2

LK 2
Isilah kolom dibawah ini

NO NAMA TUGAS DIRUMAH
YANG KAMU KERJAKAN PENDAPATMU





Pertemuan kedua: 4 x 35 menit ( Matematika , Bahasa Indonesia)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebalumnya/ yang akan dipelajari



Klasikal


10 menit
B.

Kegiatan Inti
1.Mengamati benda yang ditunjukkan guru.
dan menyimak deskripsi yang disampaikan guru tentang benda tersebut. Klasikal
20 menit
2.Dengan bimbingan guru murid dapat mendeskripsikan benda .

Klasikal
20 menit
3. Siswa mencari benda lain dan menyampaikan deskripsinya dengan bahasa sendiri
Klasikal
15 menit
4.Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
Klasikal
15 menit
5.Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. Kelompok
15 menit
6.Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan. Klasikal
15 menit
Mendiskripsikan gambar Mandiri

20 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR)

Klasikal

10 menit
V : ALAT
Gambar benda ,bilangan
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

LK 1
a. Bersama kelompokmu buatlah pengurangan bersusun sebanyak 5 buah yang hasilnya 23
b. Bersama kelompokmu buatlah penjumahan bersusun sebanyak 5 buah yang hasilnya 45


LK 2

Diskripsikanlah gambar dibawah ini !

Contoh :












....................... ..................... ....................... ...................... ..............................
....................... ..................... ....................... ...................... ..............................
....................... ..................... ....................... ...................... ..............................
....................... ..................... ....................... ...................... ..............................
....................... ..................... ....................... ...................... ..............................

Pertemuan ketiga: 4x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, PKn )

No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebalumnya/ yang akan dipelajari


Klasikal


10 menit
B. Kegiatan Inti
1.Menyimak uraian deskripsi sebuah benda.

Klasikal
15 menit
2.Dengan uraian deskripsi guru, siswa dapat menyebutkan nama benda berdasarkan ciri-cirinya.
Klasikal 20 menit
3.Siswa menguraikan deskripsi benda dan siswa lain menyebutkan nama bendanya.
Kelompok 20 menit
5.Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
Klasikal 20 menit
6.Menceri hasil pengurangan dengan cermat Mndiri 20 menit
7.Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa Klasikal 10 menit
8.Dengan pengamatan siswa membandingkan tugas anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.) Klasikal 10 menit
9.Mengisi daftar tugas yang selalu dilaksanakan di rumah Klasikal 10 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit

V : ALAT

 Kartu huruf, kartu bilangan.
VI : SUMBER

 Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
 Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.



LK 1
Amati gambar benda diatas kemudian diskripsikan pada kolom dibawah ini bersama kelompokmu!

NO NAMA BENDA CIRI-CIRI BENDA









LK 2
Isilah kolom dibawah ini

NO DAFTAR TUGAS DIRUMAH PENDAPATMU






Pertemuan ke keempat: 3 x 35 menit (IPS,IPA,SBK)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebelumnya/ yang akan dipelajari
• Menyanyikan lagu DESAKU Klasikal
B. 1.Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah Sekolah sederhana.
Klasikal
20 menit
2.Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
Kelompok
20 menit
3.Memajang hasil karya denah rumah
Kelompok
20 menit
4.Menggambar benda yang dibawa dari rumah Mandiri
25 menit
5.Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Klasikal 10 menit
6.Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas. Klasikal 10 menit
7.Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok. Klasikal 10 menit
8.Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas. Klasikal 10 menit
9.Memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
Mandiri 10 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Membawa benda dari rumah Klasikal 10 menit

V : ALAT
 Denah rumah, Lagu Desaku

VI : SUMBER

 Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.


LAGU DESAKU

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat Ayah dan Bunda
Dan Handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang Permai

DENAH RUMAH NINA BERADA DIJALAN A.YANI NO 2














LK 1
Bersama kelompokmu buatlah denah sekolahmu !
LK 2
Nyanyikanlah agu desaku dengan tepukan tangan di depan kelas






Pertemuan ke lima: 3 x 35 menit (IPS,IPA,SBK)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebelumnya/ yang akan dipelajari
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu lalu



Klasikal



5 Menit
B. 1.Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
Klasikal
10 menit
2.Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
Kelompok
10 menit
3.Memajang hasil karya denah rumah
Kelompok
10 menit
4.Menggambar benda yang dibawa dari rumah Mandiri
10 menit
5.Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Klasikal 10 menit
6.Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas. Klasikal 10 menit
7.Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok. Klasikal 10 menit
8.Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas. Klasikal 10 menit
9.Memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
Klasikal 10 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit
V : ALAT
Gambar denah rumah .
gambar benda/ alat rumah tangga yang menggunakan listrik..
Gambar atau model langsung dari alat rumah tangga yang tidak menggunakan listrik.
harmonika.
VI : SUMBER
 Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
 Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

LK 1
Buatlah denah perjalanan dari rumah kesekolah dari salah satu anggota kelompokmu

LK 2
Gambarlah benda yang guru tugaskan membawa dari rumah

Pertemuan ke enam: 2 x 35 menit ( BI,MTK)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebelumnya/ yang akan dipelajari
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu lalu

Klasikal

10 menit
B. 1.Menyimak dongeng yang berjudul naynyian pembawa sial.
Klasikal
10 menit
2.Menyebutkan tokoh dalam dongeng. Klasikal
10 menit
3.Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. Klasikal
10 menit
4.Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
Kelompok
20 menit
5.Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. Klasikal 10 menit
6.Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan. Klasikal 10 menit
7.Mengerjakan nilai tempat suatu bilangan

Mandiri

15 menit

C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit
V : ALAT
Dongeng , kartu bilangan.
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.

LK1
Bacalah dongen dibawah ini dengan teliti!Kemudian peragakan bersama kelompokmu didepan kelas!
























LK 2




Tugas :
a.Tulislah sebuah bilangan terdiri dari 3 angaka yang dsediakan diatas.
b.Tentukan nilai tempatnya

Contoh :



Nilai angka 3 pada 347 adalah...
Nilai angka 4 pada 347 adalah...
Nilai angka 7 pada 347 adalah...
Tentukan bilangan lainnya!

Minggu II

Pertemuan pertama : 4 x 35 menit Bahasa Indonesia , Matematika)

No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan dengan materi yang akan dipelajari



Klasikal


10 menit
B 1.Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
Klasikal
10 menit
2Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng. Kelompok 15 menit
3.Menceritakan Memperagakan dongeng Kelompok 20 menit
4.Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. Klasikal 15 menit
5.Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan. Klasikal 15 menit
6. Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis. Klasikal 15 menit
7.Mencari hasil pengurangan dengan cermat. Mandiri 15 menit
8.Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa. Mandiri 15 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit
V : ALAT
Dongeng, kartu bilangan.
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
LK 1.
Bacalah kemudian isilah bersama teman dalam kelompokmu pertanyaan dongeng dibawah ini !



































LK 2 Kerjakanlah dengan benar sesuai keinginanmu mengisi bilangan dibawah ini

1. 2 5
... -
...

2. ...
12 –
25

3. 45
2... –


4. 38
...4 –

5. ...
23-
...
Pertemuan kedua: 4 x 35 menit ( Matematika , Bahasa Indonesia)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebalumnya/ yang akan dipelajari



Klasikal


10 menit
B.

Kegiatan Inti
1. Menyimak soal cerita sederhana yang disampaikan guru.

Klasikal
20 menit
2. Membuat soal cerita Kelompok 20 menit
3. Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa. Klasikal 15 menit
4.Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.

Klasikal
15 menit
5.Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan bimbingan guru.
Klasikal
15 menit
6.Melakukan tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut Klasikal
20 menit
Mengomentari gambar Mandiri 15 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR)

Klasikal

10 menit
V : ALAT
Soal cerita,Gambar
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
LK 1
1.Buatlah soal cerita pengurangan yang menghasilkan 17
2.Buatlah soal cerita penjumlahan yang hasilnya 28
3.Buatlah soal-soal cerita yang lain.
LK 2
Tulislah pendapatmu tentang gambar dibawah ini !












Pertemuan ketiga: 4x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, PKn )
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebalumnya/ yang akan dipelajari

Klasikal

10 menit
B. Kegiatan Inti
1.Menyimak penjelasan guru tentang teks percakapan
Klasikal
10 menit
2.Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru
Kelompok 10 menit
3.Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. Klasikal 10 menit
4.Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan. Klasikal 10 menit
5.Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis. Klasikal 15 menit
7.Membahas salah piket kelas Klasikal 20 menit
8.Membuat daftar Piket Klasikal 20 menit
9.Menulis kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan Mandiri 25 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR)
Klasikal
10 menit
V : ALAT
Teks Percakapan.
VI : SUMBER
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
LK 1
Simak teks percakapan dibawah ini dan peragakan bersama teman sebangkumu

1. Budi : ” Kemana kamu liburan nanti Din ? ”
Dina : ” Rencananya aku ke rumah nenek di Jember,
kamu kemana Bud ? ”
Budi : ” Aku diajak ayah ke Situbondo Din
Sekalian ke Pasir Putih”
Dina : ” Oh ya aku besok minta oleh – olehnya ya ? ”
Budi : ” Kamu minta oleh – oleh apa Din ? ”
Dina : ” Emmm….apa ya kalau dari Pasir Putih? ”
Budi :” Bagaimana kalau aku belikan boneka dari kerang? ”
Dina : ”Aku suka itu,terimakasih sebelumnya”
LK 2
Isilah kolom dibawah ini terkait kegiatanmu dalam menciptakan lingkuangan yang bersih dan sehat.
NO NAMA KEGIATAN PENDAPATMU






Pertemuan ke keempat: 3 x 35 menit (IPS,IPA,SBK)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebelumnya/ yang akan dipelajari
Klasikal
B. 1.Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan denah rumah yang telah selesai dibuat.
Klasikal
21 menit
2.Melakukan tanya jawab tentang denah rumah. Klasikal
21 menit
3.Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas. Klasikal
20 menit
4.Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Klasikal
26 menit
5.Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas. Mandiri 11 menit
6.Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok. Kelompok 11 menit
7.Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas. Klasikal 11 menit
8.Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan. Klasikal 11 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Membawa benda dari rumah Klasikal 10 menit
V : ALAT
Denah rumah, Lagu Desaku
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.








LK 1
Bersama kelompokmu mengisi bagan dibawah ini !

NO SUMBER ENERGI MANFAAT ENERGI PENDAPATMU







LK 2
Isilah bagan dibawah ini

NO SUMBER ENERGI MANFAAT ENERGI
1 Energi Listrik
2 Energi Matahari
3 Energi Panas

Pertemuan ke lima: 3 x 35 menit (IPS,IPA,SBK)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebelumnya/ yang akan dipelajari
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu lalu



Klasikal



5 Menit
B. 1.Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
Klasikal
10 menit
2.Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
Kelompok
10 menit
3.Memajang hasil karya denah rumah
Kelompok
10 menit
4.Menggambar benda yang dibawa dari rumah Mandiri
10 menit
5.Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Klasikal 11 menit
6.Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas. Klasikal 11 menit
7.Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok. Klasikal 11 menit
8.Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas. Klasikal 11 menit
9.Memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
Klasikal 10 menit
C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit
V : ALAT
Gambar denah rumah .
gambar benda/ alat rumah tangga yang menggunakan listrik..
Gambar atau model langsung dari alat rumah tangga yang tidak menggunakan listrik.
harmonika.
VI : SUMBER
Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

LK 1
Buatlah denah salah satu anggota kelompokmu
LK 2
Gambarlah benda yang guru tugaskan membawa dari rumah

Pertemuan ke enam: 2 x 35 menit ( BI,MTK)
No Kegiatan Pembelajaran Pengelolaan
Siswa Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan sehari
• Guru menyampaikan pertanyaan yang mengkaitkan materi pada hari sebelumnya/ yang akan dipelajari
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu lalu

Klasikal

10 menit
B. 1.Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar
Klasikal
10 menit
2.Menjawab pertanyaan bacaan bersama kelompoknya Kelompok
10 menit
3.Mengomentari gambar Mandiri 10 menit
4.Menyampaikan komentarnya didepan kelas Klasikal 20 menit
5. Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan dengan tanya jawab
Klasikal 11 menit
6.Siswa menjawab pertanyaan guru tentang penjumlahan dan pengurangan Klasikal 11 menit
7.Mengerjakan soal yang terkai dengan penjumlahan dan pengurangan

Mandiri

21 menit

C. Kegiatan Penutup
 Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
 Siswa mencatat kesimpulan yang dibuat guru dan siswa
 Siswa mencatat yang harus dikerjakan di rumah (PR) Klasikal 10 menit
V : ALAT
Dongeng , kartu bilangan.
VI : SUMBER
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
















LK2













LK 2 Lanjutkanlah kalimat dibawah ini dengan komentarmu!






















LK 2
Kerjakanlah soal latihan dibawah ini

1.Tulislah penjumlahan yang menghasilkan 25
2. +….=
3.Tulislah pengurangan yang menghasilkan = 45
4….+ =
5.24 +…..= 47
LEMBAR PENILAIAN PROSES
NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JMH SKOR NILAI AKHIR
Keaktifan Kerjasama Keberanian Antusias
1-3 1-3 1-2 1-4









Kriteria Penilaian :
1. Keaktifan
1. Aktif dalam kelompok ( 3 )
2. Kurang aktif dalam kelompok ( 2 )
3. Pasif dalam Kelompok ( 1 )



2.Kerja sama
1. Mau bekerja sama dengan teman ( 3 )
2. Kurang kerja sama ( 2 )
3. Tidak mau kerjasama ( 1 )

3.Keberanian
1. Berani mengemukakan pendapat ( 2 )
2. Kurang berani mengemukakan pendapat ( 1 )

4.Antusias
1. Menyelesaikan tugas lebih awal dan benar ( 4 )
2. Menyelesaikan tugas tepat waktu ( 3 )
3. Menyelesaikan tugas tidak tepat waktu tetapi benar ( 2 )
4. Menyelesaikan tugas tepat waktu tetapi kurang benar ( 1 )

NILAI= Jumlah Skor X 100
Skor Maksimal ( 12 )

NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JMH SKOR NILAI AKHIR
Membaca Mendengarkan Berbicara Menulis
1-3 1-3 1-2 1-4







KRITERIA PENILAIAN

Isi
1. Isi lengkap ( 4 )
2. Isi lengkap,urutan kurang logis ( 3 )
3. Isi kurang lengkap,urutan logis ( 2 )
4. Isi tidak lengkap,urutan tidak logis ( 1 )

Tulisan :
1. Kalimat efektif dan ejaan yang benar ( 3 )
2. Kalimat kurang efektif,ejaan benar ( 2 )
3. Kaliamat kurang efektaif,ejaan kurang benar ( 1 )

Kerapian
1. Rapi,terdapat hiasan yang sesuai ( 3 )
2. Rapi,tidak ada hiasan ( 2 )
3. Kurang Rapi ( 1 )


NILAI= Jumlah Skor X 100
Skor Maksimal ( 10 )

Bondowoso,…………………….
Kepala Guru Kelas I
SDN…………………………






NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar