Jumat, 06 Juli 2012

MENGATASI KEJENUHAN






Salah satu cara mengatasi kejenuhan kerja adalah mencoba membuat pekerjaan Anda lebih nyaman. Mungkin Anda berkata “Tidak mungkin,” memang hal tersebut sulit diatasi tapi masih mungkin dilakukan, meskipun terkadang harus merubah cara berpikir.
Tidak peduli seberapa membosankannya pekerjaan yang Anda lakukan cobalah untuk selalu tertawa, karena tertawa akan mengendorkan syaraf-syaraf Anda pada saat-saat sulit. Tertawa akan membantu Anda menekan stres serta ketegangan yang Anda hadapi, semakin banyak Anda tertawa semakin mereda dan semakin baik Anda menguasai pekerjaan Anda serta mengatasi kejenuhan Anda. Banyak orang tidak menyadari bahwa stres berhubungan dengan hormon yang dapat mereda dengan tertawa – jadi Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.
Cobalah untuk bersosialisasi, bicara dengan banyak orang, menemukan aktifitas yang dapat dilakukan dengan teman kerja , sahabat atau keluarga Anda. Perasaan berhubungan dengan orang lain merupakan cara terbaik untuk mengurangi stress dan kejenuhan kerja.
Sejumlah studi menyatakan individu dewasa yang mempunyai sedikit teman dan sedikit beraktifitas dan bersosialisasi cenderung mati lebih muda atau biasa disebut die prematurely.
Cobalah mendengarkan pembicaraan atau percakapan di kantor Anda. Mungkin Anda memperhatikan bahwa presentase percakapan yang baik cenderung bersifat negatif, cobalah melatih diri Anda untuk melihat sisi positif dari lingkungan kerja Anda – cobalah untuk mengambil sisi humornya dan buang pikiran negatif dari percakapan tersebut, karena berpikiran negatif hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Cobalah untuk bersenang-senang setiap harinya karena dapat membantu Anda meredakan kejenuhan kerja atau job burnout. Di bawah ini beberapa solusi yang dapat Anda terapkan di tempat kerja anda:
- Jika Anda mempunyai ruang istirahat (break room) cobalah memenuhinya dengan berbagai macam mainan seperti buku-buku cerita yang akan membawa Anda ke masa kecil, bermain puzzle dapat membantu Anda berpikir lebih jernih, ataupun bermain games.
- Jika Anda tidak memiliki ruang istirahat (break room) bawalah mainan yang berukuran kecil yang dapat Anda simpan dalam meja Anda. Dan Anda akan terkejut saat Anda menemui teman kerja Anda berhenti sejenak di meja Anda sekedar bermain-main dengan mainan yang Anda bawa, misalnya memutar-mutar globe serta permainan magnetik.
- Pasanglah papan buletin di ruang istirahat atau di ruang duduk pegawai. Mintalah setiap pekerja pada tingkat awal sampai pekerja pada bagian administrasi dan supervisor untuk membawa foto bayi dan memasangnya di papan tersebut karena setiap orang pasti akan tertawa melihat foto- foto bayi tersebut dan pasti akan sangat menyenangkan saling menebak bayi siapa tersebut tanpa memandang hierarchy setiap pegawai.
- Ciptakan sebuah area bebas stress (stress-free zoneburnout, tidak perlu ruangan yang terlalu besar – bahkan Anda bisa menggunakan koridor di depan ruang konferensi.
- Cobalah untuk memberi kursi atau tempat tidur gantung (hammock) dan mungkin juga memasang pohon palem dan gambar pantai.
- Buatlah jadwal aktifitas yang Anda nikmati setiap hari dan setiap minggu. Belilah setangkai bunga dan taruhlah di meja kantor Anda di tempat yang strategis yang bisa Anda pandangi.
- Berjalan-jalanlah selama waktu istirahat. Lakukanlah liburan singkat (mini visualization vacation) dengan pergi ke tempat-tempat yang Anda sukai meskipun hanya lima menit.
- Rencanakanlah untuk pergi ke kebun binatang, bioskop, gym, spa, ataupun ke kafe-kafe atau hanya window shopping dengan teman-teman Anda untuk mencari suasana lain setelah bekerja seharian.
Memang Anda tidak dapat mengontrol segalanya, tetapi Anda dapat mengontrol yang Anda kira Anda mampu melakukannya, sehingga Anda dapat mengatasi kejenuhan kerja sebelum hal tersebut mengalahkan Anda. Cobalah untuk mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar