Jumat, 01 April 2011

~ GELISAH ~

Rasa gelisah adalah sesuatu yang kita semua manusia pernah alami. Kita semua pernah mengalami berbagai macam emosi, baik positif maupun negatif.
Emosi negatif seperti marah, takut, dan cemas adalah respon normal pada situasi yang tidak menyenangkan atau membahayakan, dan pada kenyataannya diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Terkadang, emosi ini tidak bisa dikendalikan dan terjadi tanpa dorongan apapun.

Gejala-gejala

Seperti kebanyakan masalah psikologis lainnya, kegelisahan itu agak sulit dideteksi, terutama jika dibandingkan dengan respon manusia normal. Perbedaan kuncinya adalah bahwa respon-respon normal ini terjadi tanpa ada dorongan. Terkadang, ada pribadi yang terus menerus berada dalam keadaan khawatir, sementara itu ada yang tiba-tiba terkena serangan perasaan gelisah.

Beberapa gejala kegelisahan adalah:

Selalu cemas
Mudah marah
Kurang istirahat
Lemah dan lelah
Tidak mampu berkonsentrasi
Sesak dada
Sakit kepala
Sesak nafas
Mual
Sakit perut
Insomnia
Sulit tenang atau rileks

Penyebab

Tidak seperti penyakit fisik atau kondisi medis lainnya, tidak ada penyebab utama untuk kegelisahan. Gabungan berbagai macam penyebab bisa mengakibatkan efek negatif pada seseorang. Proses kimia tubuh, dan banyak faktor lain juga memegang peranan. Terdapat elemen spesifik dalam hidup dan lingkungan anda yang bisa membuat anda gelisah dan menyebabkan kegelisahan, seperti tekanan kerja, harapan nilai akademis, penyakit, atau krisis eksistensial. Khawatir terus menerus bisa menyebabkan serangan panik.

Pengobatan alami

Aromaterapi bisa anda lakukan sendiri. Minyak lavender sudah terbukti manjur, tetapi anda juga bisa memakai bunga melati atau kayu cendana.
Kekurangan vitamin, terutama vitamin B bisa menyebabkan kegelisahan. Cobalah mengkonsumsi suplemen tablet B-kompleks setiap hari.
Pelajari teknik meditasi dan yoga untuk menenangkan diri. Atau, cobalah menutup mata dan ambil nafas dalam-dalam. Lakukan ini secara teratur setiap hari.
Olah raga setiap hari bisa membuat anda tenang. Pengerahan fisik bisa mempercepat tubuh memproduksi zat kimia yang bisa membuat anda tenang dan gembira.
Ketika rasa gelisah menyerang, cobalah mandi dengan pancuran air dingin atau berendam di air hangat.
Minum segelas air putih, atau secangkir teh.

Makanan

Tidak ada makanan yang khusus untuk mengatasi rasa gelisah, tetapi makanan tertentu dan kebiasaan makan bisa membuat perbedaan. Anda bisa bereksperimen sendiri, tetapi pastikan anda bisa membedakan antara makanan sehat dengan makanan tidak sehat. Anda mungkin suka makan burger yang berlemak, tetapi buah-buahan dalam jangka panjang bisa membuat perasaan anda menjadi lebih baik.

Curhat

Bisa dilakukan dengan menulis dyary atau pada temen yang betul-betul bisa dipercaya.
Namun untuk mengatasi hal ini ,ada benarnya jika anda ke psikeater.Gelisah adalah salah satu penyakit nurani yang dapat disembuhkan dengan rajin berzikir,sabar dan ikhlas menerima yang telah menjadi kehendaknya.Semoga kita senantiasa jadi hambaNya yang merindukan zikir sebagai penentram hati

"AL QUR'AN MAMPU MEMBUAT KITA DAMAI "



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar